Tuesday, January 26, 2016

Bahaya dari makanan asin yang wajib anda ketahui

Setiap orang memiliki citarasa dan selera sendiri dalam hal makanan. Ya setiap orang pasti memiliki selera yang berbeda-beda. Namun setiap makanan akan kurang lezat jika tanpa garam. Ya garam merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib ada dan tidak boleh untuk ditinggalkan dalam setiap makanan. Tanpa garam, makanan akan terasa aneh.
Garam sendiri adalah bumbu makanan yang memiliki rasa asin. Garam berperan penting dalam setiap makanan. Namun tahukah anda akan bahaya mengkonsumsi makanan asin atau makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Mungkin jika anda mengetahuinya anda pasti akan mengurangi makan makanan asin. Nah berikut adalah efek buruk jika terlalu sering mengkonsumsi makanan asin.
Bahaya Dari Makanan Asin Yang Wajib Anda Ketahui
Bahaya Dari Makanan Asin Yang Wajib Anda Ketahui

1. Menurunkan kinerja otak

Kenapa banyak orang tua atau guru disekolah melarang anak dan muridnya untuk mengkonsumsi makanan asin, hal ini dikarenakan makana asin dapat menurunkan kinerja otak. Sering makan makanan yang mengandung garam atau makanan asin dapat mempengaruhi kinerja otak dan kemampuan kognitif anak. Sehingga secara perlahan akan menyebabkan demensia.

2. Merusak ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita. Ginjal berfungsi untuk menyaring racun yang ada didalam darah. Garam menyebabkan ginjal bekerja keras dalam menyaring, garam juga menyebabkan menipisnya pembuluh darah di ginjal sehingga lama-kelamaan anda akan mengalami sakit ginjal atau gagal ginjal.

3. Meningkatkan tekanan darah

Seperti yang kita ketahui, jika orang yang memiliki tekanan darah tinggi dilarang mengkonsumsi makanan asain. Hal ini dikarenakan garam atau makanan asin dapat membuat tekanan darah meningkat. Sebab tubuh akan memperlukan banyak air untuk mencernanya, dan hal ini akan mempengaruhi volume darah dan membuat tekanan meningkat derastis.

4. Menyebabkan obesita

Terlalu sering makan garam atau makanan asin juga akan menyebabkan kegemukan atau obesitas. Saat tubuh kelebihan garam, tubuh akan menjadi bengkak, hal ini dikarenakan garam menyebabkan retensi air didalam tubuh.

5. Stroke

Jika anda sudah mengalami tekanan darah tinggi juga obesitas, kemungkinan anda juga akan mengalami stroke. Tidak hanya stroke saja, penyakit kronis lainnya juga akan mengintai seperti penyakit jantung dan lain sebagainya.

6. Memperburuk kadar gula darah

Jika anda menderita penyakit diabetes, baiknya anda hindari makanan asin. hal ini dikarenakan garam dapat dapat mempengaruhi kadar gula secara derastis dan hal itu sangat berbahaya.

7. Kanker perut

Garam sangat tinggi akan nitrat didalamnya. Terlalu banyak mengkonsumsi garam atau makanan asin akan mengiritasi lambung hingga akhirnya menyebabkan penyakit maag. Jika sudah demikian, bukan tidak mungkin kanker perut akan menghampiri anda.

8. Melemahkan kekuatan tulang

Sering makan garam atau makan makanan asin juga akan melemahkan tulang. Tulang akan menjadi keropos atau sering disebut osteoporosit, tentu anda tak maukan tulang anda keropos, oleh sebab itu kurangilah dalam mengkonsumsi makanan asin.
Demikianlah bahaya dari mengkonsumsi makanan asin yang wajib anda ketahui. Setelah anda mengetauhi akan hal ini, masihkah anda suka mengkonsumsi makanan asin? Semoga informasi diatas bermanfaat. Terimakasih.

Artikel Terkait

Bahaya dari makanan asin yang wajib anda ketahui
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email